CARA INSTALL SISTEM OPERASI LINUX BLANKON X TAMBORA DUAL BOOT WINDOWS 10

Assalamualaikuam wr.wb



 kali ini saya akan membagikan tutorial install Linux dan kita akan melakukan installasi linux Blankon X Tambora yang merupakan Linux Blankon.
versi 10 dari distro linux buatan indonesia.
Sebelumnya apakah kalian sudah mendengar tentang linux Blankon X Tambora? ya linux ini merupakan linux buatan Indonesia Genk!!! pada perilisannya kemari yang ke 10 linux Blankon masuk dalam 10 besar kategori distro linux dengan tampilan yang sangat menarik di dunia, yang menggunakan kernel dengan tampilan gnome dan tema manokwari. pengharggan OS open sources terbaik di  2017 guys !!! bangga jadi Orang Indonesia.
oke setelah mendengar ocehan saya tadi sekarang apakah anda tertarik menggunakan linux Blankon 10 ini? pastilah jangan malu-malu guys. biar saya bisa ajarin langkah installasinya oke siap!!
Silahkan download terlebih dahulu Linux Blankon 10 dan alat installer file Iso pada web resminya dengan menekan tombol di bawah ini.


11.    pertama melakukan sedikit pengaturan pada drive sebagai tempat installasinya nanti. Buka file explorer. kemudian lakukan langkah seperti pada gambar.
\







  2. Sekarang kita lakukan installasi file iso linux pada USB, saya sarankan flashdisk 8GB keatas biar lebih enteng. Silahkan bukan Softwere Unetbootin yang sudah di download dan lakukan langkah seperti pada gambar.





Silahkan download terlebih dahulu Linux Blankon 
3. Setelah installasi selesai sekarang silahkan klik saja exit dan lakukan restart pada komputer kemudiam masuk pada menu BIOS komputer dengan menekan F1/F2/F12 tergantung jenis komputer atau laptop kalian. pilih menu boot dan ganti  seperti pada gambar.


   4. kemudian akan restart sendiri oh ya semua langkah di atas bisa di lakukan tanpa perlu mencabut flashdisk dari port usb.
Langkah installnya seperti berikut ini:

Cara Install Blankon 10 Tambora
#1 – Memilih Bahasa dan Memulai Penginstalan
Sistem Linux BlankOn akan dieksekusi dan tampilan awal ucapan selamat datang . Pada langkah pertama ini Sobat bisa memilih Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris, kemudian Sobat bisa memilih untuk melanjutkan menggunakan Live CD atau Memulai melakukan instalasi BlankOn Linux 10. Pada tahap ini, kita mulai untuk memasang Blankon 10 Tambora dengan mengklik Install Blankon.

Cara Install Blankon 10 Tambora #2 – Memilih Zona Waktu
Tahap kedua untuk memasang blankon ke PC adalah pemilihan Zona Waktu. Dalam hal ini installer otomatis memasukan zona waktu Asia/Jakarta. Jadi tidak perlu diubah lagi kalau sudah sesuai, tinggal klik Lanjut.


Cara Install Blankon 10 Tambora #3 – Memilih Partisi Hardisk
Langkah selanjtunya adalah bagian terpenting dari pemasangan BlankOn, yaitu pemilihan partisi hardisk. Seperti yang telah diutarakan diatas, kita seharusnya sudah menyediakan minimal 1  partisi kosong atau lebih aman lagi 2 partisi kosong dengan tipe partisi EXT4.

Pilih Disk yang akan dipakai untuk menginstall BlankOn.

Kemudian Pilih Mode Mahir.

Pada tahap ini pilih sebuah partisi lalu ubah mount point sebagai “/” yang akan digunakan untuk menyimpan file-file sistem, sedangkan 1 partisi sisanya sebagai “/home” yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan file data user.
Jika sudah selesai klik Terapkan

Cara Install Blankon 10 Tambora #5 – Ringkasan Pemasangan
Langkah ke 5 Sobat akan dibawa pada tahap Ringkasan Pemasangan BlankOn 10 Tambora. Disini Sobat bisa mereview kembali ringkasan langkah 1 – 4 yang sudah dilakukan tadi, apakah sudah benar atau ada yang terlewatkan. Kemudian jika Sobat yakin sudah benar klik Pasang BlankOn.


Cara Install Blankon 10 Tambora #6 – Proses Instalasi BlankOn 10 Tambora
Pada tampilan selanjutnya kita akan dibawa pada langkah proses instalasi BlankOn 10 Tambora ke hardisk. Disini kita akan bisa melihat progres bar pemasangan hingga selesai. Apabila didalam komputer sudah terisi Sistem Operasi Windows, maka BlankOn Installer akan otomatis memasang grub loader dengan menyertakan pilihan Windows 10. Sampai tahap ini tugas Sobat tinggal menunggu, sambil menikmati secangkir kopi hangatnya serta camilan yang sudah disiapkan tadi.

Cara Install Blankon 10 Tambora #7 – Pemasangan BlankOn 10 Tambora Selesai
Dan akhirnya Sobat akan memiliki sistem operasi BlankOn 10 di Komputer Sobat jika sudah melihat tampilan ke 7 dari proses cara install Blankon 10 Tambora.

Demikian 7 Langkah Cara Install BlankOn 10 Tambora. kemudian silahkan tekan reboot untuk memulai dual boot linux yang sudah kita install tadi.
Demikian lah cara penginstallan LINUX BLANKON X TAMBORA karya anak bangsa indonesia.
jika ada yang perlu di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. jangan lupa ikuti blog ini untuk update seterusnya, terima kasih sudah mengunjungi.
 BLANKON X TAMBORA






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Networking Fundamental (Dasar - Dasar Jaringan)

MANAJEMEN PROSES