Tugas Filsafat (Pembaharuan sistem absensi mahasiswa )

Nama : Rika Febriyanti
kelas: TI 2017 B

penulis kali ini mengamati sistem absensi Mahasiswa yang ada di Universitas Kuningan .

    ternyata masih manual belum menggunakan sistem untuk kegiatan absen sehari hari. dan ternyata sistem absensi tersebut terkadang menimbulkan masalah seperti halnya kehilangan data absensi harian  dan sampai - sampai tidak di temukannya kembali absen tersebut, lalu tindakan mahasiswa yang melakukan tipsen atau Titip Absen. nah kali ini  penulis membuat solusi agar mempermudah dosen untuk absensi mahasiswanya dan juga kampus Universitas Kuningan akan semakin meningkatnya dari segi fasilitas.  



     Untuk meningkatkan kulitas dan fasilitas dari Absensi Harian mahasiswa (AHM) Universitas Kuningan harus di buatkannya sebuah aplikasi absensi harian mahasiswa yang hanya bisa di lakukan di lingkungan kampus saja.
pertama kali yang harus dilakukan adalah dosen  harus memiliki kartu keanggotaan sebagai dari bagian pengajar pendidik dari Universitas Kuningan dan di buatkan sistem untuk absensi kelas berdasarkan kode dosen permata kuliah serta jurusan yang telah di buat oleh para staf TU, setelah di buat kartu dosen selanjutnya akan di buatkan sebuah  aplikasi yang berbasis android, ios dan windows. 

    pengaplikasian untuk dosen selesai maka di buatkan sebuah jadwal permata kuliah, perkelas dan perdosen itu akan digunakan untuk absensi mahasiswa yang absensinya di tempatkan di setiap ruangan yang  di gunakan kegiatan pembelajaran maka dari itu pengabsenan tersebut akan di lakukan dengan pendektesi kartu mahasiswa dan pendektesi kamera saat mahasiswa tersebut menyodorkan kartunya ke alat pendeteksi  maka kamera tersebut akan memotretnya sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa tersebut tidak melakukan kecurangan. 

cara penggunaan kartu tersebut :

  1. saat dosen memasuki ruangan pembelajaran maka dosen tersebut harus menyodorkan kartu anggota dosen  atau dengan melakukan persetujuan bahwa akan melakukan kegiatan pembelajaran, pada aplikasi yang digunakan khusus dosen  agar mahasiswa dapat melakukan absensi sebelum melakukan kegiatan belajar .
  2. lakukan absensi masing -masing mahasiswa. (jika sudah mulai kegiatan belajar sudah melebihin waktu 15 menit  maka tidak bisa melakukan absensi kecuali dosen tersebut menyetujui melalui aplikasi dosen).
  3. lakukan absensi ulang yang akan dilihat di aplikasi absensi dosen tersebut supaya data yang ada di aplikasi sesuai dengan jumlah mahasiswanya.
  4. jika kegitan pembelajaran tersebut sudah selesai maka dosen harus melakukan konfirmasi bahwa kegiatan pembelajaran  telah selesai.

  mempermudah sekali bukan untuk dosen dan mahasiswanya, serta dosen pun bisa  melihat jumlah mahasiswanya  dalam aplikasi yang di buatkan khusus dosen universitas kuningan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Networking Fundamental (Dasar - Dasar Jaringan)

CARA INSTALL SISTEM OPERASI LINUX BLANKON X TAMBORA DUAL BOOT WINDOWS 10

MANAJEMEN PROSES